Minggu, 25 Maret 2012

FUNGSI MUSIK DALAM TARI


Musik merupakan denyut nadi dalam  sebuah  tarian. Musik dan  tari merupakan  satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dengan adanya musik dapat mengatur tempo dalam satu gerakan, memberikan suasana dalam tarian baik suasana sedih, genbira, tegang ataupun marah.
            Oha Graha mengungkapkan  beberapa fungsi musik dalam tari diantaranya adalah  ( 1997 : 44 )
1.      Memberi irama (membantu mengatur waktu)
  Kita kenal bahwa tari itu terdiri dari gerak-gerak yang  berirama, mengatur atau  menentukan  irama, sangat sulit menari tanpa musik. Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu (tempo) cepat dan lambatnya dari suatu rangkaian gerak, dan perlu saling mengisi dan saling mengiringi.
2.   Memberi ilustrasi atau gambaran suasana
Dalam tari, suasana atau ilustrasi sangat erat hubungannya dengan watak penari, terutama pada tari tradisional yang sangat memerlukan berbagai suasana. Adapun watak dalam suasana tari antara lain watak luguh/ halus, watak lenyap/ ganjen, dan gagah.


3.   Membantu mempertegas ekspresi gerak
Dalam tarian sudah barang tentu mempunyai tekanan-tekanan gerak yang diatur oleh tenaga. Mempertegas ekspresi gerak akan  lebih  sempurana di iringi atau di pertegas oleh hentakan  instrumen  musik sebagai pengiring tari.
4.      Ransangn bagi penari  
Sudarsono mengatakan elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Sejak zaman prasejarah sampai sekarang dapat dikatakan dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah patner  tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerak (1997 : 46)

9 komentar:

  1. fungsi tempo dalam gerak tari apa ya?terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi tempo dalam tari yaitu untuk mengatur ketukan tari agar sesuai dengan irama lagu dan menjaga kekompakan dalam menari

      Hapus
    2. Fungsi tempo dalam tari yaitu untuk mengatur ketukan tari agar sesuai dengan irama lagu dan menjaga kekompakan dalam menari

      Hapus
    3. Telat broo dia tanya tahun 2014 luu jawab jahun 2016 sudah lewat pelajaran ny Broo

      Hapus
    4. Telat bro dia balesnya 2016 lu komen 2019

      Hapus
  2. Terima Kasih Artikelnya,
    Kunjungi juga blog saya : www.prabhagib.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Fungsi musik sebagai pengontrol ritme gerak apa kak?

    BalasHapus